(Pendekatan Integratif & Holistik Membantu Anak dengan Gangguan Emosi Perilaku)
Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi perkembangan anak adalah aspek mental dan emosi. Krisis mental kerap berkaitan dengan munculnya gangguan emosi dan perilaku pada anak. Anak dengan gangguan perilaku dan emosi dapat mengalami hambatan dalam perkembangannya, khususnya pada fungsi akademis dan sosial. Hambatan fungsi akademis sangat terkait dengan kemampuan anak mengembangkan potensinya atau underachievement, sulit berkonsentrasi, melamun, tidak menyelesaikan tugas, mudah menyerah, mogok sekolah. Sementara hambatan dalam fungsi sosial berupa sikap agresif, sering terlibat konflik, menarik diri dan sulit bekerja sama dengan orang lain. Para profesional di bidang kesehatan emosi dan mental anak, serta para pendidik yang terlibat dengan anak, dapat membantu anak dengan gangguan emosi dan perilaku melalui pendekatan yang integratif dan holistik, meningkatkan resiliensi anak ketika menghadapi permasalahan hidupnya agar mencapai perkembangannya secara optimal.
Topik bahasan:
Narasumber: AMANDA MARGIA WIRANATA, M.Si, Psi.
Seorang psikolog klinis anak yang telah mendedikasikan dirinya untuk membantu menangani pelbagai permasalahan terkait perkembangan anak. Aktif sebagai konsultan pendidikan anak usia dini (preschool), Amanda kerap menjadi narasumber bagi para guru dan orangtua dalam mengenali gangguan-gangguan perkembangan anak sejak dini. Sejak 2017, Amanda terdaftar sebagai “Play Therapist” di Play Therapy International dan Perkumpulan Terapis Bermain Indonesia. Play Therapi menjadi satu pendekatan yang memperlengkapi Amanda dalam menangani problem perilaku dan emosional anak-anak di usia dini, sekolah, dan remaja