Perkumpulan Terapi Bermain Indonesia gelar Play Therapy Indonesian Conference 2017 – The Healing Power of Play

Helping Children with Play Therapy
September 29, 2017

Perkumpulan Terapi Bermain Indonesia gelar Play Therapy Indonesian Conference 2017 – The Healing Power of Play

Anak merupakan karunia yang terbesar bagi keluarga, agama, bangsa, dan negara, dan juga merupakan harapan sebuah keluarga.  Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, anak adalah  masa depan  bangsa dan generasi penerus cita-cita bagi kemajuan suatu bangsa. Sepertiga dari penduduk Indonesia merupakan anak-anak. Mereka adalah generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan anak dan mempersiapkan masa depan bangsa yang lebih baik.

Pemenuhan kebutuhan ini akan membentuk anak tumbuh menjadi manusia berkualitas. Sebaliknya jika kebutuhan anak tidak terpenuhi, ini  akan menurunkan kualitas hidup anak atau sebagian dari mereka akan menimbulkan masalah bagi keluarga, masyarakat, maupun negara.

Perwujudan anak-anak sebagai generasi muda yang berkualitas merupakan salah satu upaya memperkuat kemampuan daya saing bangsa dalam menghadapi tantangan globalisasi, dan merupakan bagian dari pembangunan nasional dalam mengedepankan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada umumnya.

Kami menyelenggarakan Play Therapy Indonesia Conference 2017 ini yang bertema “ The Healing Power of Play” untuk meningkatkan kesadaran pentingnya bermain mendorong Gerakan Anak Indonesia Bermain untuk kesehatan Emosi, Mental, Sosial dan Perilaku Anak yang lebih Baik. Hal ini didasari atas temuan dimana banyak orang tidak menyadari bahwa bermain merupakan kebutuhan mendasar anak, sesuai konvensi PBB tentang Hak Anak-anak.

Bermain bagi anak adalah bagian penting dari perkembangan emosi yang sehat. Anak-anak menggunakan permainan untuk melepaskan emosi, bekerja melalui perasaan, dan memahami dunia mereka dengan lebih baik dengan bermain serta bertindak dalam situasi yang dapat mereka kontrol.  Dalam perjalanan mereka untuk tumbuh dewasa, beberapa anak mungkin menghadapi tantangan, kejadian traumatis, kesedihan, kehilangan, atau kesulitan yang memerlukan bantuan para profesional untuk membantu mereka sembuh dan kembali menemukan perjalanan ceria dan petualangan mereka. Terkadang anak tidak selalu bisa memasukkan perasaan mereka ke dalam kata-kata. Untuk menjangkau mereka, kita perlu mempelajari bahasa utama mereka yang merupakan bahasa bermain.

Anak merupakan individu yang membutuhkan topangan, sokongan dan perlindungan dari orang dewasa, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Negara. Perlindungan ini dibutuhkan oleh seorang anak karena adanya kesenjangan tingkat kematangan antara orang dewasa dengan anak, baik secara moral, kognitif, psikologis dan emosional.

Atas dasar ini, Perkumpulan Terapi Bermain Indonesia ( PTBI), organisasi nirlaba yang memiliki visi  mewujudkan praktek terbaik dalam terapi bermain di Indonesia, bekerja sama  dengan Play Therapy International  dan CAE  (Cipta Aliansi Edukasi)  mengadakan konferensi PTIC  (Play Therapy Indonesia Conference) dengan tema The Healing Power of Play di Hotel Borobudur Jakarta dari tanggal  11-13 November 2017.

Terapi bermain membantu anak-anak mengatasi emosi yang sulit. Ini membantu mereka merasa didengar dan dilihat. Hal ini sering bermanifestasi dalam perilaku dan performa yang membaik di sekolah atau pengurangan kecemasan dan kemarahan yang luar biasa. Melalui media yang digunakan, terapi bermain dapat memulihkan kondisi anak.

Selama 30 tahun terakhir Terapi Bermain, di bawah kepemimpinan Play Therapy International (PTI) dan afiliasinya Play Therapy United Kingdom, sebagai profesi yang diakui untuk mengurangi masalah emosional, perilaku, pembelajaran dan kesehatan mental anak-anak. Secara prakteknya terapi bermain di awasi oleh Professional Standard Authority (PSA), UK sebagai profesi di bidang kesehatan dan sosial.  Ini pertama kalinya di dunia dan menjadi preseden bagi semua negara yang lain termasuk Indonesia.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *